Cpx24.com CPM Program Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner

19 November 2012

Program Simulasi Proses Analisis Leksikal Dengan Menggunakan Visual Basic


Program Simulasi Proses Analisis Leksikal Dengan Menggunakan Visual Basic. Melihat dari pengertian dan proses dalam analisis leksikal seperti yang di bahas sebelumnya pada postingan " Memahami Tahapan Pertama Dalam Fase-fase Kompilasi ", maka penyusun bermaksud membuat aplikasi simulasi proses analisis leksikal menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0 dengan source code basic. Program akan memproses inputan user kemudian memprosesnya sesuai dengan aturan analisis leksikal dalam tahapan kompilasi. 

Sekilas Program dan Cara Kerja Program

Program ini merupakan program simulasi proses analisis leksikal yang  dilakukan dalam tahap kompilasi. Program lebih dikhususkan pada source kode bahasa basic yang digunakan dalam visual basic. Program dibuat dengan visual basic 6.0 dan database menggunakan DBMS Microsoft Office Access 2007. 


Program membaca program sumber yang diinputkan oleh user, karakter demi karakter. Sederetan (satu atau lebih) karakter dikelompokkan menjadi satu kesatuan mengacu kepada  pola kesatuan kelompok karakter  (token)  yang ditentukan dalam bahasa sumber  yaitu bahasa basic.  Setiap token yang dihasilkan disimpan di dalam tabel simbol. 

Contoh program yang diinputkan adalah sebagai berikut :

Private sub ()
a = 1
b = 2
c = a + b
endsub. 
Atau dapat terlihat seperti gambar di bawah ini :




Dari kode sumber program di atas dapat  ditentukan lexeme dari tiap karakter tersebut seperti pada tabel di bawah ini :

atau seperti terlihat pada gambar program di bawah ini :


Pada  program ini, setiap kata akan dicek secara sekuensial, dan ditentukan jenis tokennya. Dengan kata lain, kata yang lebih awal, akan ditentukan jenis tokennya lebih awal pula.


Kelebihan dan Kekurangan Program 

Beberapa yang menjadi kelebihan dari program ini antara lain program dapat mempermudah user dalam menentukan kategori-kategori token kode program yang diinputkan. User juga bisa menambahkan, mengedit dan menghapus setiap token tetap seperti keyword, assignment, delimeter dan operator. Sedangkan yang menjadi kelemahan dari program analisis leksikal ini adalah program hanya menggunakan bahasa basic ( seperti dalam visual basic ), setiap kata dalam kode program harus dipisahkan dalam spasi, dan masih terdapat string yang masuk ke dalam identifier. 

Untuk Proses Pembuatannya, Silahkan ikuti Postingan selanjutnya.









0 comments:

Post a Comment

Tulis komentar yang bijak dan Berguna ya ..!!!

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More