Cpx24.com CPM Program Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner

30 November 2012

Mau Bikin Tatto di Badan?? Baca dulu ini !!! (Part 4 Hubungan Seni dan Estetika)


Seni diajarkan sebagai seni untuk dihayati, dipahami dan dirasakan bukan sebagai pengetahuan untuk dihafal. Misal: seni musik; kita harus memahami isi dari lagu/syair yang ada dalam musik tersebut, dengan begitu kita akan membawakan musik dan lagu dengan baik.
Muharam (1991) menyatakan seni dikenal sebagai rasa keindahan umumnya dan rasa kaharuan pada khususnya yang melengkapi kesejahteraan hidup.
Hebert Reed (1982) menyatakan dalam penjelmaan rasa estetikanya dapat diwujudkan dalam menciptakan bentuk-bentuk yang menyenangkan, dimulai dari gerak tari, perasaan dan gagasan.
Lowenfeld (1982) meneruskan seni adalah dinamika dari kesatuan aktivitas manusia dalam penggunaan simbol-simbol sebagai ungkapan dan abstraksi lingkungan manusia yang di organisasi menjadi konfigurasi.
Jadi, dari pendapat Muharam, Hebert Reed dan Lowenfeld dapat diambil kesimpulan bahwa seni adalah suatu bentuk aktivitas manusia yang di ungkapkan dengan rasa keindahan dan diwujudkan dalam bentuk yang menyenangkan dimulai dari gerak hati, perasaan dan gagasan.
Dari pengertian seni tersebut sudah dapat dilihat bahwa seni berhubungan dengan estetika. Yang dimaksud dengan estetika itu sendiri adalah hal yang berkenaan dengan ekspresi atau ungkapan dari suatu bentuk keindahan dan perasaan haru/kekaguman.
Antara seni, estetika dan kreativitas saling berhubungan karena Seseorang dapat mewujudkan kreativitasnya melalui seni. Dan seni yang mengandung estetika atau keindahan, akan lebih dapat diterima dan diminati dengan baik oleh masyarakat umum[1].



[1] http://edukasi.kompasiana.com/2010/11/04/hubungan-antara-seni-estetika-dan-kreativitas/

Posted By :





0 comments:

Post a Comment

Tulis komentar yang bijak dan Berguna ya ..!!!

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More