Cpx24.com CPM Program Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner

10 November 2012

Pengertian dan Hakikat Ibadah (Review Makalah)

PENGERTIAN IBADAH

Ibadah berasal dari kata ‘abada, ya’budu, yang berarti menghamba atau tunduk dan patuh. ‘abdun berarti budak atau hamba sahaya, alma’bad berarti mulia dan agung, ‘abada bih berarti selalu mengikutinya, alma’budberarti yang memiliki, yang dipatuhi dan diagungkan. 

Jika makna kata-kata tersebut diurutkan akan menjadi susunan kata-kata yang logis, yaitu: “Jika seseorang menghambakan diri terhadap yang lain, ia akan mengikuti, mengagungkan, memuliakan, mematuhi dan tunduk“.

HAKIKAT IBADAH

Menurut Hasbi ash Shiddieqy dalam bukunya Kuliah Ibadah( 1991), ada hakikat dari ibadah yaitu : ” ketundukan jiwa yang timbul dari karena hati (jiwa) merasakan cinta akan Tuhan yang ma’bud dan merasakan kebesaran-Nya, lantaran beri;tiqad bahwa bagi alam ini ada kekuasaan yang akal tak dapat mengetahui hakikatnya".

Adapun seorang arif Abu Hamid Al Ghazali, dalam dukunya Minhaj Al Abidin Ila Al Jannah (2007) juga mengatakan bahwa hakikat ibadah yaitu : 
" pokok ibadah itu, ialah engkau meridhoi Allah selaku pengendali urusan; selaku orang yang memilih; engkau meridhai Allah selaku pembagi, pemberi penghalang (penahan), dan engkau meridhai Allah menjadi sembahan engkau dan pujaan (engkau sembah)”. 






0 comments:

Post a Comment

Tulis komentar yang bijak dan Berguna ya ..!!!

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More