Cpx24.com CPM Program Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner

25 November 2012

Negara Termiskin dan Terancam Punah (TUVALU)

Negara Termiskin dan Terancam Punah (TUVALU). Jika kita berfikir tentang negara mana yang terkaya di dunia, sudah tentu pikiran kita akan mengarah ke negara yang terkenal dan superpower seperti amerika dan cina. tetapi jika kita berfikir negara mana yang termiskin? negara mana yang akan bertahan atau punah? mana kah jawaban anda?

Tuvalu, dulunya dikenal sebagai Kepulauan Ellice, adalah sebuah negara kepulauanyang terletak di antara Hawaii dan Australia di Samudra Pasifik. Titik tertinggi di antara 114 pulau yang membentuk negara ini hanya setinggi 5 m di atas permukaan laut. Tuvalu di bagi menjadi 9 distrik: Funafuti, Nanumea, Nui, Nukufetau, Nukulaelae, Vaitupu, Nanumanga, Niulakita, Niutao. Ibu kota dari negara ini adalah Funafuti dimana Kota ini memiliki populasi 4.492 (tahun 2002). Luas atol ini hanya sekitar 20x400 meter, yang mengelilingi laguna seluas 18x14 km. Total luas 33 pulau-pulau kecil di sekitarnya kurang lebih 2,4 km². Atol ini memiliki landasan pesawat terbang, sebuah hotel, gedung-gedung administratif. 

Negara ini menduduki peringkat pertama untuk negara termiskin di dunia. dengan GDP sebesar $37,470,000. Dimana Gross Domestic Product (GDP) adalah penghitungan yang digunakan oleh suatu negara sebagai ukuran utama bagi aktivitas perekonomian nasionalnya, tetapi pada dasarnya GDP mengukur seluruh volume produksi dari suatu wilayah (negara) secara geografis.

Selain dikategorikan dalam keadaan negara termiskin di dunia, negara ini juga merupakan negara yang diperkirakan akan punah dan tinggal sebuah nama dalam beberapa puluh tahun mendatang. Salah satu sumber menyebutkan bahwa Titik tertinggi di Tuvalu hanya sekitar 4.5 meter (15 kaki), ini berarti jika air laut naik 40 cm setiap tahunnya, maka dalam 100 tahun lagi Tuvalu akan hilang dari muka bumi atau jika air laut naik 80 cm setiap tahunnya, maka dalam 50 tahun lagi Tuvalu hanya akan tinggal sebuah nama. 

Jika dalam jangka waktu 50 hingga 100 tahun ke depan kita terus membiarkan terjadinya perubahan iklim yang mengakibatkan naiknya permukaan air laut, maka Tuvalu bukan hanya satu-satunya negara yang terancam akan hilang dari muka bumi.

Sumber Referensi :  yangkiimadesuara.com , aneki.com , Wikipedia , JurnalSDM


Posted By :





0 comments:

Post a Comment

Tulis komentar yang bijak dan Berguna ya ..!!!

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More