Cpx24.com CPM Program Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner

30 November 2012

Mau Bikin Tatto di Badan?? Baca dulu ini !!! (Part 2 Pengertian Seni)


Mau Bikin Tatto di Badan?? Baca dulu ini !!! (Part 2 Pengertian Seni). Sebelum memahami jauh tentang Tatto, kita hendaknya mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan seni.
Seni adalah ungakapan perasaan seseorang yang diungkapkan ke dalam kreasi dalam bentuk gerak, rupa, nada, syair yang mengandung unsur-unsur  keindahan dan dapat mempengaruhi orang lain[1].
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia(KBBI),  Pengertian Seni memiliki tiga arti antara lain:
-       Seni diartikan halus, kecil dan halus, tipis, lembut dan enak didengar, mungil dan elok.
-       Keahlian membuat karya bermutu (dilihat dari segi keindahan dan kehalusannya)
-       Kesanggupan akal untuk menciptakan sesuatu yang bernilai tinggi

Menurut Ki Hajar Dewantara, seni merupakan perbuatan manusia yang timbul dari perasaannya dan bersifat indah sehinga dapat menggerakkan jiwanya. Dalam bahasa Sanskerta, kata seni disebut cilpa. Sebagai kata sifat, cilpa berarti berwarna, dan kata jadiannya su-cilpa berarti dilengkapi dengan bentuk-bentuk yang indah atau dihiasi dengan indah. Sebagai kata benda ia berarti pewarnaan, yang kemudian berkembang menjadi segala macam kekriaan yang artistik. Cilpacastra yang banyak disebut-sebut dalam pelajaran sejarah kesenian, adalah buku atau pedoman bagi para cilpin, yaitu tukang, termasuk di dalamnya apa yang sekarang disebut seniman. Memang dahulu belum ada pembedaan antara seniman dan tukang. Pemahaman seni adalah yang merupakan ekspresi pribadi belum ada dan seni adalah ekspresi keindahan masyarakat yang bersifat kolektif. Yang demikian itu ternyata tidak hanya terdapat di India dan Indonesia saja, juga terdapat di Barat pada masa lampau.
Dalam bahasa Latin pada abad pertengahan, ada terdapat istilah-istilah ars, artes, dan artista. Ars adalah teknik atau craftsmanship, yaitu ketangkasan dan kemahiran dalam mengerjakan sesuatu; adapun artes berarti kelompok orang-orang yang memiliki ketangkasan atau kemahiran; dan artista adalah anggota yang ada di dalam kelompok-kelompok itu. Maka kiranya artista dapat dipersamakan dengan cilpa.


[1] http://cepspenza.blogspot.com/2007/06/seni-adalah-ungkapan-perasaan-seseorang.html

Posted By :




2 comments:

Where to buy titanium trim - ITBI.
TALLEN AT CIRL MOSPHERE: · CIRL TALLEN AT CIRL MOSPHERE: · TALLEN AT titanium alloy nier CIRL MOSPHERE: · TALLEN AT CIRL MOSPHERE: · TALLEN AT CIRL MOSPHERE: · titanium frame glasses TALLEN AT titanium aftershokz CIRL camillus titanium knife MOSPHERE: · TALLEN AT CIRL ion titanium hair color MOSPHERE: · TALLEN AT CIRL MOSPHERE: · TALLEN AT CIRL MOSPHERE: · TALLEN AT CIRL MOSPHERE:

Post a Comment

Tulis komentar yang bijak dan Berguna ya ..!!!

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More